WA 2 WA 1

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Diposkan: 09 Mar 2017 Dibaca: 1606 kali


 

Lentera Kasih – Setelah menulis artikel tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi sembelit pada bayi. Saat pencernaan bayi terganggu atau tidak lancar, biasanya bayi akan rewel dan sering menangis. Jika hal ini terjadi tentunya seorang ibu akan bingung dan panik karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada bayinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi yang bisa dilakukan :

 

Memijat Perut Bayi

Pijatlah perut bayi secara lembut dengan gerakan searah jarum jam. Setelah itu mandikan bayi menggunakan air hangat. Air hangat akan berfungsi untuk melancarkan pencernaan bayi.

 

Memberi ASI yang Cukup

Berikan ASI yang cukup. Jika bayi berusia kurang dari 6 bulan, memang sebaiknya bayi diberikan ASI eksklusif saja.

 

Menjaga Makan Bayi

Jika bayi sudah bisa diberi makan, sebaiknya jaga denngan benar makanan yang masuk kedalam pencernaannya, karena ada makanan  yang dapat mengakibatkan bayi dapat tekena sembelit, seperti pisang yang belum cukup matang. Sebaiknya berikan bayi pure buah yang kaya akan serat agar pencernaannya menjadi lancer dan jauh dari sembelit.

 

Member Makan Sayur dan Buah

Untuk bayi yang sudah mengkonsumsi MIPASI, mengatasi sembelit pada bayi bisa dilakukan dengan cara memberikan pure yang dominan sayuran dan buah-buahan.

 

Latihan Ringan Pada Bayi

Latihan ringan pada bayi berguna untuk mengurangu gas, serta dapat melonggarkan gesekan pada saluran ususnya. Cara latihan ringan ini sangat mudah, anda dapat membaringkan bayi dan biarkan bayi bergerak sendiri seperti menendang.

 

Memberi Air Putih

Berikan air putih yang cukup untuk bayi yang sudah bisa mengkonsumsi MIPASI (usia 6 bulan ke atas), karena minum air yang cukup juga dapat melancarkan pencernaan. Sehingga lancarnya pencernaan akan membuat bayi tidak akan sembelit. Sebaiknya ibu juga minum air putih yang banyak, karena apa yang dikonsumsi ibu  menyusui juga berpengaruh pada bayinya.

 

Oleskan Daun Bawang

Daun bawang merupakan obat alami untuk mengatasi simbelit pada bayi. Caranya dengan menyiapkan beberapa lembar daun bawang yang telah dicuci bersih, setelah itu potong dan cacah daun bawang tersebut untk mendapatkan lendirnya. Kemudian oleskan lendir daun bawang tersebut ke punggung, pinggang, dan perut bayi. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi sembelit pada bayi.

 

Jika anda sudah menggunakan jasa baby sitter yang didapat melalui yayasan penyalur baby sitter, berilah pemahaman baby sitter anda tentang cara mengatasi permasalahan tersebut. Walaupun mereka sudah dibekali pelatihan oleh yayasan tempat mereka bernaung, tapi mungkin masih ada yang belum mengetahui cara tersebut. Oleh sebab itu, anda harus pandai juga dalam mencari baby sitter untuk menjadikannya partner anda dalam hal mengenai semua urusan anak.

 

Untuk mendapatkan baby sitter yang baik kunjungilah yayasan baby sitter terpercaya seperti LPPRT Lentera Kasih, dimana baby sitter yang bernaung di dalamnya merupakan baby sitter terbaik dan handal dalam mengatasi masalah yang terjadi pada anak. Sehingga banyak pengguna jasa lebih memilih mempekerjakan seorang baby sitter dari yayasan baby sitter Lentera Kasih.

 

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Balita Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Balita Tidak Mau Makan

Diusia usia 1 sampai 2 tahun, balita biasanya lebih susah makan. Ia menolak semua makanan yang disodorkan and atau baby sitter jika memang anda menggunakan jasa baby sitter. Biasanya balita akan melakukan gerakan tutup mulut jika tidak mau makan, itu bukan salahnya atau salah baby sitternya. [...]

Diposkan: 06 Jan 2017 Dibaca: 1868 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2024. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang