WA 2 WA 1

Cara Menangani Anak yang Terkena Demam

Diposkan: 01 Mar 2017 Dibaca: 870 kali


 

Lentera Kasih – Demam merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja termasuk anak-anak. Seringkali orang tua maupun baby sitter mengalami kebingungan ketika anak sedang mengalami peningkatan suhu tubuh.

 

Dalam hal ini penulis akan membahas tentang baby sitter. Dimana seorang baby sitter yang handal dan sudah berpengalaman tentunya sudah tidak asing lagi dengan kondisi demam pada anak, karena mereka telah terlebih dahulu dibekali pelatihan oleh yayasan baby sitter seperti yang dilakukan yayasan baby sitter Lentera Kasih. Sehingga ketika mereka disalurkan oleh yayasan, mereka tidak kebingungan dan dapat segera memberikan pertolongan kepada anak.

 

Bagi seorang baby sitter pemula yang sedang dalam proses pendidikan dan belum mengetahui cara menangani anak yang terkena demam. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang beberapa cara menangani anak yang terkena demam :

 

Ketahui Gejala yang Tampak

Demam dapat disebabkan karena infeksi virus, salah satu gejala yang tampak yaitu anak tampak lesu dan tidak memiliki gairah untuk bermain. Infeksi virus ditandai dengan batuk, pilek atau diare. Ciri khas demam yang disebabkan oleh virus adalah demam yang tinggi pada 1-2 hari, biasanya dihari ke 4-5suhu tubuh naik tapi tidak setinggi pada hari pertama. Umumnya pada hari ke 6-7 anak akan pilih sesuai dengan kondisi sebelumnya, sehingga dalam penanganan demam yang disebabkan oleh virus tidak memerlukan antibiotik ataupun melakukan cek darah.

 

Kompres dengan Air Hangat

Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dikompreskan pada pusat tubuh yang panas, sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin, alkohol akan sangat berbahaya, karena uapnya berdampak buruk ketika terhhirup bayi. Anda juga bisa menggunakan plester kompres untuk menurunkan demam pada anak.

 

Selalu Periksa Suhu Tubuh

Lakukanlah pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Suhu tubuh normal pada anak berkisar antara 36-37 ̊C, sehingga apabila suhu tubuh anak lebih tinggi dari 37 ̊C maka anda dapat memberikan terapi ringan terlebih dahulu. Misalnya, banyak meminum air putih, sehingga anak tidak mengalami kekurangan cairan.

 

Berikan Obat Penurun Demam

Berikan obat penurun demam khusus untuk anak sesuai dengan usianya, salah satunya adalah dengan memberikan parasetamol. Parasetamol merupakan obat penurun demam yang dianggap memiliki efek samping yang rendah untuk bayi. Meskipun demikian, sebaiknya anda membaca petunjuk dokter agar anak tidak mengalami resiko gangguan fungsi hati apabila diberikan dengan dosis yang tidak tepat.

 

Penanganan Dokter

Apabila bayi baru berusia 3 bulan terkena demam dan memiliki suhu tubuh melebihi 37 ̊C sebaiknya segeralah periksa ke dokter anak. Selain itu, apabila anak demam dengan kondisi urinnya kental dan kakinya sering sekali bergerak, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan infeksi saluran kemih. Jika demam tidak turun selam 3 hari lebih disertai mimisan atau bintik merah, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk melakukan tes kesehatan.

 

Demikian artikel tentang Cara Menangani Anak yang Terkena Demam, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Gaji Baby Sitter Pemula dan Pengalaman

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Balita Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Balita Tidak Mau Makan

Diusia usia 1 sampai 2 tahun, balita biasanya lebih susah makan. Ia menolak semua makanan yang disodorkan and atau baby sitter jika memang anda menggunakan jasa baby sitter. Biasanya balita akan melakukan gerakan tutup mulut jika tidak mau makan, itu bukan salahnya atau salah baby sitternya. [...]

Diposkan: 06 Jan 2017 Dibaca: 1098 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2021. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang