Agar Anak Menyukai Baby Sitter

Diposkan: 05 Jan 2017 Dibaca: 710 kali


 

Lentera Kasih - Seorang anak tentunya akan merasa asing apabila terdapat kehadiran orang baru di dalam lingkungan keluarganya. Dalam hal ini contohnya adalah kehadiran seorang baby sitter yang bertugas merawat dan menjaganya. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar anak mudah beradaptasi dan dekat dengan pengasuh barunya  :

Memperhatikan situasi

Perhatikan apa yang biasa dilakukan mereka, baik itu kegiatan yang dilakukan baby sitter bersama anak anda atau hubungan anak anda dengan baby sitter. Dengan memperhatikan situasi ini, anda akan dapat melihat dari segi apa anak tidak suka baby sitter. Apakah baby sitter kurang luwes dalam mengasuh anak, terlalu membatasi ruang gerak anak walaupun tujuannya  menolong, atau mungkin anak anda yang terlalu bersikap manja kepada anda, sehingga butuh waktu lama buat anak untuk beradaptasi dengan baby sitter. Dari memperhatikan situasi ini, anda dapat membantu anak untuk menyukai baby sitternya.

Mendengarkan keluhan keduanya

Anak yang masih dalam usia balita mungkin tidak mudah mengungkapkan alasan kenapa tidak suka kepada baby sitter, tetapi anda bisa memancingnya lewat contoh yang sederhana. Beri tahu kepada baby sitter tentang apa yang dirasakan anak, kemudian meminta baby sitter untuk memahaminya. Disisi lain, tanyakan juga kepada baby sitter apa yang biasa ia dilakukan. Baby sitter juga bisa menjelaskan pada waktu aktivitas apa saja anak biasanya rewel atau ngadat.

Meyakinkan anak

Jika anak tidak menyukai baby sitter atau bahkan marah dengan kehadirannya, bukan berarti anak membenci baby sitter. Anak akan selalu ingin dekat dengan orang-orang yang sudah dikenalnya dengan baik. Yakinkan anak anda bahwa dapat menjaga dan merawat anak anda seperti anda menjaga dan merawatnya, sehingga anak mudah beradaptasi.

Beri waktu kepada mereka

Berikan waktu kepada anak dan baby sitter untuk bekerja sama dan perhatikan terus kedekatan yang mereka jalin. Komunikasikan secara rutin dengan baby sitter tentang perkembangan anak. Yang terpenting adalah bagaimana upaya anda dan baby sitter membuat anak merasa nyaman dan aman bersama baby sitter. Jika anak merasa nyaman tentunya akan mempermudah proses adaptasinya dengan baby sitter baru.

Selain solusi di atas, kemampuan baby sitter dalam mengurus dan merawat anak sangat berperan penting agar anak dengan mudah menyukai baby sitter. Cari baby sitter yang memiliki kriteria tersebut melalui agen atau yayasan penyalur baby sitter yang baik, seperti LPPRT Lentera Kasih. Di LPPRT Lentera Kasih semua baby sitter telah dibekali pendidikan khusus untuk menjaga dan merawat buah hati anda, serta telah memiliki sertifikat dari hasil pendidikannya. Sehingga anda tidak perlu lagi meragukan kualitas baby sitter yang akan merawat dan menjaga anak anda.

 

Demikian artikel tentang Agar Anak Menyukai Baby Sitter, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Adaptasi Pembantu Rumah Tangga Baru

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com 


Tags

Artikel Terkait

Cara Mengasuh Dalam Membentuk Karakter Anak

Cara Mengasuh Dalam Membentuk Karakter Anak

Berhasil mendidik anak-anak dengan baik adalah impian semua pengasuh/baby sitter dan orang tua. Setiap pengasuh/baby sitter dan orang tua pasti ingin agar anak bisa sukses dan bahagia, namun apakah pada kenyataanya semudah itu? [...]

Diposkan: 06 Dec 2016 Dibaca: 746 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2019. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang