Adaptasi Pembantu Rumah Tangga Baru

Diposkan: 05 Jan 2017 Dibaca: 741 kali


 

Lentera Kasih - Aktivitas dalam mengurus rumah tangga sering dianggap remeh. Padahal, pada kenyataannya aktivitas ini tidak kalah berat dan sulit jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang  merasa kerepotan dan membutuhkan bantuan pembantu rumah tangga. Hal ini dilakukan agar pekerjaan serta kebutuhan rumah tangga dapat terselesaikan dan terpenuhi.

Melatih pembantu rumah tangga baru memang tidak mudah. Namun, bukan berarti anda akan kesulitan melakukannya. Tidak jarang seorang pembantu rumah tangga telah dibekali berbagai macam pelatihan yang dilakukan oleh agen atau yayasan penyalur pembantu untuk cepat beradaptasi dan mengerjakan tugasnya dengan baik, seperti yang dilakukan LPPRT Lentera Kasih. Akan tetapi tidak sedikit pula pembantu rumah tangga baru yang sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya. Berikut ini beberapa cara agar pembantu rumah tangga yang baru dapat cepat beradaptasi dengan kondisi rumah anda :

 

Jadikan kebersihan hal yang paling utama

Tanamkan pada diri pembantu rumah tanggaanda, bahwa kebersihan adalah hal yang paling utama dalam mengurus rumah tangga. Tidak hanya sekedar soal kepandaianya saja dalam mengurus rumah tangga, tetapi kamar dan kondisi tubuh pembantu rumah tanggapun harus selalu bersih. Dengan demikian, pembantu rumah tangga akan terbiasa menjaga kebersihan dan kerapihan rumah semaksimal mungkin tanpa harus anda awasi.

 

Ajarkan menggunakan perabot canggih

Anda bisa mengajarkan menggunakan perabot canggih kepada pembantu rumah tangga agar ia dapat menggunakannya. Ada beberapa perabotan canggih yang cara penggunaannya mesti dipelajari, seperti mesin cuci pintar, microwave, setrika uap, da lain-lain.

 

Tanamkan prinsif menghemat

Ada beberapa hal kecil yang dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Salah satu contohnya adalah mematikan lampu dan pendingin ruangan saat tidak digunakan.

 

Cermati anggaran belanja

Anggaran belanja kebutuhan dapur biasanya dipercayakan kepada pembantu rumah tangga. Oleh karena itu, patutlah memperhitungkan anggaran belanja secara cermat. Hal ini bukan berarti membuat anda menjadi pelit. Ajarilah pembantu rumah tangga anda agar lebih hemat, disiplin, dan jujur dalam mengatur anggaran belanja.

 

Jangan bosan mengingatkan

Karena keterbatasan pemahaman dan pendidikan, wajar bila pembantu rumah tangga kerap lupa dengan aturan yang anda ajarkan. Oleh karena itu, jangan pernah bosan untuk mengingatkannya sampai pembantu rumah tangga beradaptasi dan menjadikan aturan yang anda buat di rumah sebagai rutinitas yang harus ia kerjakan.

Adanya pembantu rumah tangga yang bisa diandalkan dapat meringankan pekerjaan anda di rumah. Jalinlah hubungan yang baik, namun tetap profesional agar pembantu rumah tangga merasa betah bekerja di rumah anda.

 

Demikian artikel tentang Adaptasi Pembantu Rumah Tangga Baru, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Mengasah Kreatifitas Anak

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

PRT Berpotensi Menyukseskan Karir Majikan

PRT Berpotensi Menyukseskan Karir Majikan

Pembantu rumah tangga khususnya di Indonesia hampir bekerja secara non stop di rumah majikannya. Terutama bagi pembantu rumah tangga yang dinggal dirumah majikan. Begitu membuka mata dipagi hari pembantu rumah tangga langsung berhadapan dengan tugas rutin sampai dia menutup mata, tidur dimalam harin [...]

Diposkan: 19 Dec 2016 Dibaca: 836 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2018. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang