WA 2 WA 1

PRT Berpotensi Menyukseskan Karir Majikan

Diposkan: 19 Dec 2016 Dibaca: 1404 kali


Lentera Kasih - PRT Berpotensi Menyukseskan Karir Majikan! Mungkin akan menimbulkan tanda tanya besar dikalangan pembaca. Benarkah demekian?
Pembantu rumah tangga khususnya di Indonesia hampir bekerja secara non stop di rumah majikannya. Terutama bagi pembantu rumah tangga tinggal dirumah majikan. Begitu membuka mata dipagi hari pembantu rumah tangga langsung berhadapan dengan tugas rutin sampai dia menutup mata, tidur dimalam harinya. Bahkan terkadang ada juga yang harus bangun ditengah malam manakala majikan sedang bekerja lembur dirumah meminta dibuatkan kopi, mie instan atau sebagainya.
 
Jika majikan seorang pekerja, baik laki-laki, perempuan atau suami istri bekerja di luar rumah maka pekerjaan rumah menjadi beban dan tanggung jawab pembantu rumah tangga. Termasuk didalam lingkup tugasnya adalah mengasuh anak majikan. Jika majikan memiliki baby sitter tentu mengurus anak sudah menjadi tanggung jawabnya karena memang tugasnya sebagai pengasuh anak. Akan tetapi jika tidak maka pembantu rumah tangga juga yang bertugas mengasuh dan merawat anak majikannya. Tentunya gaji pembantu rumah tangga 2017 yang multi tugas ini lebih besar dari pada pembantu biasa. Soal gaji pasti sudah dibahas pada saat pembantu rumah tangga bekerja dirumah majikan.
 
Suami dan istri yang berkerja di luar rumah biasanya tidak dapat melakukan pekerjaan rumah tangga karena waktu mereka sudah habis untuk pekerjaan dikantornya. Apalagi jika mereka memiliki beberapa orang anak yang belum bisa mandiri. Tentu tidak akan mungkin pada jam kerja seorang pekerja harus bolak-balik meminta izin meninggalkan kantor pada atasanya untuk urusan pribadi atau rumah tangganya. Atasanpun akan menilai jika seorang karyawan sering datang terlambat ke tempat kerja karena harus memandikan anak-anak, membuat sarapan keluarga, dan kegiatan rumah tangga lainnya. Pada kondisi seperti inilah pembantu rumah tangga menjadi andalan agar majikan dapat fokus dalam meniti karirnya.
 
Apakah anda ingin menggaji seorang pembantu rumah tangga  berpotensi menyukseskan karir majikannya? Jika menginginkannya silahkan perhatikan ciri-ciri pembantu rumah tangga tersebut.
 
1. Ketika memilih pembantu rumah tangga tanyakan apa tujuannya. Jika dia menjawab : "Saya bekerja sebagai pembantu rumah tangga bukan hanya sekedar mencari nafkah, tetapi juga dengan niat yang lurus yaitu menjadi pembantu rumah tangga untuk ibadah". Berarti anda sedang berhadapan dengan orang yang tepat.
 
Dengan niat seperti itu maka seorang pembantu rumah tangga akan bekerja dengan baik dan hasilnyapun akan barokah. Dalam melakukan tugasnya dia akan dibimbing dan diberi kekuatan oleh Allah sehingga tetap pada jalur yang benar.
 
Jika dia membersihkan rumah maka dia juga melakukannya sebagai ibadah. Saat memasak di dapur pembantu rumah tangga ini juga berniat untuk ibadah. Begitu juga ketika menggendong dan menyuapi anak majikannya dia niatkan untuk ibadah.
 
2. Dengan memiliki niat yang lurus maka segala pikiran, ucapan, sikap, dan tingkah lakunya akan mencerminkan kebaikan. Salah satunya yang terpenting adalah : jujur, yang menjadi ciri kedua dari pembantu rumah tangga berpotensi menyukseskan karir majikannya. Jika pembantu rumah tangga tidak jujur tentunya majikan akan merasa was-was.
 
Pembantu rumah tangga yang jujur tidak akan mark up harga ketika ditugasi belanja di pasar. Jika pembantu rumah tangga yang bagus menemukan uang di saku pakaian yang akan dicucinya dia akan mengembalikannya kepada majikan. Pembantu rumah tangga terpercaya juga tidak akan mengambil makanan, minuman, uang, serta barang yang bukan merupakan haknya.
 
3. Bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh sesuai dengan job description nya. Jika niatnya bekerja sebagai ibadah Inya Allah asisten rumah tangga akan bekerja dengan sungguh-sungguh, baik ada atau tidak adanya majikan pembantu rumah tangga, diawasi atau tidak diawasi. Sebagai manusia tentunya dia juga memerlukan waktu untuk isoma (istirahat, sholat, dan makan).
 
Jika pada malam hari majikan meminta dibuatkan kopi karena sedang mengerjakan tugas kantornya atau majikan sedang asyik menonton pertandingan sepak bola di TV maka pembantu rumah tangga dengan ikhlas menyiapkannya. Bukan hanya itu saja, diapun akan menawarkan yang lain kepada majikannya. Misalnya, menawarkan diri untuk membuatkan makanan cemilan.
 
4. Tidak suka membicarakan orang lain. Pembantu rumah tangga yang baik tidak akan menggunjing orang lain baik secara langsung, ditelepon ataupun sms. Semua peristiwa dan kejadian yang ada didalam rumah tangga akan aman dalam genggamannnya. Dia tidak akan menyebar gosip kepada siapapun. Hal ini berkat pemahaman yang baik tentang membicarakan atau menggunjing seseorang bukanlah perbuatan yang baik dan dilarang oleh agama yang dianutnya.
 
5. Sopan santun dalam ucapan dan tingkah lakunya. Pembantu rumah yang tangga berpotensi menyukseskan karir majikannya akan bersikap sopan santun kepada siapapun. Sopan santunnya ditunjukan dalam ucapan, sikap, dan tingkah lakunya dalam berbicara langsung maupun tidak langsung melalui telepon.
 
Pembantu rumah tangga yang baik juga akan sopan santu dalam berpakaian. Dia tidak akan keluar kamar mandi dengan hanya terbalut handuk kecil dibadannya.
 
Sikap sopan santun  ini juga disertai dengan sikap menghormati dan menghargai majikan, anak-anak, kerabat, dan sahabat majikannya.
 
6. Mau mengingatkan majikan. Pembantu rumah tangga yang baik mau mengingatkan majikan. Kemauan mengingatkan ini tentunya harus dengan sikap sopan santun dan hati-hati. Jika melihat majikan sedang asyik menonton televisi padahal adzan maghrib sudah berkumandang maka pembantu rumah tangga mau mengingatkannya. Hal itu dilakukan untuk kebaikan majikannya.
 
Jika anak majikan tidak mau makan siang maka pembantu rumah tangga mau mengingatkan dan membujuknya dengan sopan agar anak majikannya mau makan. 
 
7. Berdoa untuk majikan. Pembantu rumah tangga yang niatnya lurus untuk ibadah akan senantiasa mendoakan majikannya. 
 
Itulah ciri dari pembantu rumah tangga berpotensi menyukseskan karir majikannya. Yayasan Penyalur Pembantu seperti Lentera Kasih pun berusaha menciptakan tenaga-tenaga yang baik dengan keterampilan, kejujuran dan sifat-sifat baik yang dimiliki serta dengan doa yang tulus maka majikan akan tenang dalam bekerja sehingga karirnya akan bagus dan sukses.
 
Demikian artikel tentang pembantu rumah tangga berpotensi menyukseskan karir majikannya, semoga bermanfaat!
 
Mau Copy artikel diatas?
Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com
 

Tags

Artikel Terkait

Menjadi Seorang Pembantu Profesional

Menjadi Seorang Pembantu Profesional

Fakta di lapangan mengatakan bahwa masalah pengangguran disebabkan bukan hanya masalah kesenjangan antara jumlah pencari kerja dengan kesempatan kerja yang tersedia, akan tetapi dikarenakan banyaknya pencari kerja yang tidak memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang tersedia [...]

Diposkan: 16 Dec 2016 Dibaca: 1111 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2021. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang