WA 2 WA 1

Menjadi Majikan yang Baik

Diposkan: 18 Feb 2017 Dibaca: 2282 kali


 

Lentera Kasih – Asisten rumah tangga memang dibayar untuk mengerjakan tugas rumah tangga, seperti memasak, mencuci, menyetrika, bersih-bersih rumah, dan lain-lain. Meski hanya melakukan tugas seputar rumah tangga, kita tidak boleh menganggapnya sebagai pekerja rendahan.

 

Seringkali majikan tidak menghargai dan cenderung semena-mena terhadap pembantunya. Jika anda adalah majikan yang baik, anda akan senantiasa menghargai dan memperhatikan keadaannya. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa mengkategorikan anda sebagai malikan yang baik :

 

Menanyakan Kondisi Keluarganya

Menanyakan kondisi keluarga itu penting, sebab kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi keluarga mereka di kampung. Hal ini juga bisa mendekatkan hubungan majikan dengan pembantu, sehingga pembantu akan merasa nyaman bekerja di rumah anda karena mendapatkan perhatian dari anda.

 

Menanyakan Kondisi Kesehatannya

Mungkin saja pembantu anda sakit, tetapi tidak berani bilang. Sebagai seorang majikan yang baik, anda harus memperhatikan kondisi kesehatan pembantu.

 

Melontarkan Pertanyaan “Ada yang Perlu Dibantu?”

Tak ada salahnya sesekali bekerja bersama pembantu disaat anda sedang libur bekerja atau memiliki waktu luang di rumah.

 

Mendengarkan Curhatan Pembantu

Mungkin saja pembantu murung terlihat karena tidak memiliki teman untuk berbagi cerita, atau ada sesuatu yang ingin diutarakan tetapi tidak tahu harus dengan siapa. Tanyakanlah tentang curatan hatinya atau yang sedang ia rasakan. Menjadi telinga bagi “kerabat” sendiri akan membuka jendela pikiran anda.

 

Mengajak Makan di Luar

Sesekali ajaklah pembantu anda makan di luar, mungkin dia butuh hiburan atau rindu makan bersama keluarganya di kampung.

 

Makan Bareng di Meja Makan

Ajaklah pembantu makan bersama di meja makan, biarkan ia merasa dihargai sebagai manusia dengan kedudukan yang sejatinya sama.

 

Berbagi Cerita

Ceritakanlah kepada pembantu soal kehidupan bekerja atau kuliah anda, tidak ada salahnya berbagi cerita dengan pembantu. Dengan begitu, dia akan merasa berperan sebagai teman, bukan hanya sekedar pembantu. Hal ini juga dapat mendekatkan hubungan anda dengannya, sehingga hubungan anda dengan pembantu tidak kaku.

 

Mengenalkan Sahabat Anda

Sudah pasti pembantu anda akan senang jika dapat mengenal sahabat-sahabat anda, karena merasa dia benar-benar dianggap sebagai bagian dari keluarga. Bukan hanya sekedar pesuruh yang dipanggil ketika anda ada perlu.

 

Membuatkannya Masakan Spesial

Cobalah sesekali membuatkan dia masakan spesial. Misalnya, pada saat hari ulang tahunnya atau hari-hari tertentu. Dengan begitu dia akan tambah semangat bekerja.

 

Apakah anda sudah melakukan hal di atas? Jika sudah berarti anda dapat dikategorikan sebagai majikan yang baik.

 

Demikian artikel tentang Menjadi Majikan yang Baik, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Memilih Baby Sitter Cantik atau Professional

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Mencari Yayasan Penyalur Baby Sitter Terpercaya

Mencari Yayasan Penyalur Baby Sitter Terpercaya

Tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk mengasuh bayinya secara fulltime. Bagaimana tidak, sebagian besar waktunya telah dihabiskan untuk melakukan pekerjaan kantornya. Oleh karena itu, menggunakan jasa baby sitter merupakan pilihan terbaik yang dapat anda lakukan. [...]

Diposkan: 14 Feb 2017 Dibaca: 1668 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2024. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang