WA 2 WA 1

Mengasah Kreatifitas Anak

Diposkan: 04 Jan 2017 Dibaca: 1862 kali


 

Lentera Kasih - Kreatifitas anak perlu dikembangkan sejak dini, karena kreatifitas merupakan potensi alami dalam diri anak yang harus dikembangkan secara optimal. Tentunya sebagai orang tua akan bahagia jika melihat anak-anak tercinta tumbuh menjadi anak yang kreatif. Perkembangan kratifitas anak berfungsi untuk mengembangkan kecerdasan dan kemampuan anak dalam menghasilkan sesuatu yang baru.

 

Dalam meningkatkan kemampuan anak semua yang dibutuhkan terletak pada pola asuh hubungan orang tua, orang-orang terdekat lainnya, serta baby sitter yang bertugas sebagai pengasuhnya. Stimulasi dari orang tua atau baby sitter dapat membuat anak berfikir menggunakan kedua otak kanan dan kirinya yang akan membuat anak menjadi kreatif.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengasah kreatifitas anak, antara lain :

1.      Pastikan seorang ibu memiliki kesehatan dan gizi yang baik bahkan sejak anak masih dalam kandungan

Hindari zat-zat yang berbahaya untuk pertumbuhan anak seperti alkohol, rokok, obat-obatan dan merkuri. Penuhi kebutuhan gizi khusus yang diperlukan anak seperti minyak folat dan minyak ikan. Setelah anak lahir pastikan memberi ASI, karena ASI mengandung salah satu unsur penting yaitu asam docosahexaenoic (DHA) yang merupakan asam esensial yang baik untuk perkembangan otak anak.

 

2.      Pastikan anak menambah kosakatanya setiap hari

Membacakan cerita untuk anak dapat menabah kosakatanya. Walaupun anak belum memahami isi dari cerita yang dibacakan, namun ini dapat membantu proses berbicara.

 

3.      Biarkan anak berimajinasi dan berikan kesempatan untuk mengungkapkan buah pemikirannya.

Hargai pendapat anak dan biarkan anak mengambil keputusan dari hasil pemikirannya serta jangan menganggap remeh atau mengabaikannya. Peran orang tua atau baby sitter hanya mengawasi dan membantu ketika anak mengalami kesulitan, biarkan anak untuk praktek dan belajar. Berikanlah pujian ketika anak berhasil melakukan hal yang positif. Hal ini dapat membantu memunculkan kreatifitas anak.

 

Jika orang tua, keluarga atau bahkan baby sitter mampu memancing kreatifitas anak sejak masih kecil, ini akan sangat bermanfaat dalam perkembangan kecerdasan anak. Dengan dukungan dan motivasi maka anak akan menjadi semakin kreatif dan bertambah kepercayaan dirinya untuk melakukan sesuatu yang positif.

 

Demikian artikel tentang Mengasah Kreatifitas Anak, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Agar Kedekatan Anda dengan Anak Tidak Tergantikan Oleh Baby Sitter

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2024. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang