WA 2 WA 1

Masalah Utama Kesehatan Pada Lansia

Diposkan: 28 Feb 2017 Dibaca: 1236 kali


 

Lentera Kasih – Ketika seorang memutuskan untuk memakai jasa perawat lansia yang didapatnya dari yayasan perawat lansia, seorang pemakai jasa akan sangat berharap perawat yang dipekerjakannya memiliki standarisasi terutama tentang kesehatan lansia.

 

Perawat lansia yang terdapat disebuah yayasan tentunya sudah dibekali berbagai macam pelatihan dalam menangani masalah yang terjadi pada lansia.

 

Berikut ini beberapa masalah utama kesehatan pada lansia yang wajib diketahui oleh seorang perawat :

 

Kurang bergerak

Gangguan fisik, jiwa, dan faktor lingkungan dapat menyebabkan lansia kurang bergerak. Penyebab yang paling sering terjadi adalah gangguan pada tulang, sendi, otot, gangguan saraf, penyakit jantung, dan pembulu darah.

 

Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh seseorang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, tetapi dapat pula karena berbagai keadaan seperti penyakit yang sudah lama diderita, maupun penyakit yang baru saja diderita (akut) yang dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh seseorang.

 

Penyakit Akibat Mengkonsumsi Obat-obatan

Salah satu yang sering dialami lansia adalah menderita penyakit lebih dari satu jenis, sehingga membutuhkan obat yang lebih banyak. Apalagi sebagian lansia sering menggunakan obat dalam jangka waktu yang panjang tanpa pengawasan dokter. Hal ini akan menyebabkan timbulnya penyakit akibat mengkonsumsi obat-obatan.

 

Kurang Gizi

Kekurangan gizi pada lansia dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan maupun kondisi kesehatan. Faktor lingkungan dapat berupa ketidak tahuan untuk memilih makanan yang bergizi, isolasi sosial, gangguan panca indera, dan kemiskinan. Sedangkan faktor kondisi kesehatan berupa penyakit fisik, mental, gangguan tidur, alkoholisme, obat-obatan, dan lain-lain.

 

Gangguan Intelektual

Gangguan intelektual merupakan kumpulan dari gejala klinik yang meliputi gangguan fungsi intelektual dan ingatan yang cukup berat, sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas kehidupan sehari-hari. Gangguan intelektual akan meningkat cepat mulai dari usia 60 tahun sampai 85 tahun atau lebih. Kurang dari 5% lansia yang berusia 60-74 tahun mengalami dementia (kepikunan), sedangkan pada usia setelah 85 tahun gangguan ini akan meningkat mendekati 50%. Salah satu hal yang dapat menyebabkan gangguan intelektual adalah depresi, sehingga perlu dibedakan dengan gangguan intelektual lainnya.

 

Gangguan Panca Indera

Panca indera manusia akan terganggu karena terjadinya proses penuaan. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah pada indera pengelihatan dan pendengaran. Saat memasuki lansia, penglihatan dan pendengaran seseorang akan menurun.

 

Masalah kesehatan utama pada lansia tersebut perlu dikenal dan dimengerti oleh siapa saja, khususnya perawat lansia agar dapat memberikan perawatan untuk mencapai kesehatan yang seoptimal mungkin.

 

Demikian artikel tentang Masalah Utama Kesehatan Pada Lansia, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Modal Utama Dalam Menekuni Profesi PRT

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Membantu Klien Lansia Pindah dari Tempat Tidur ke Kursi Roda

Membantu Klien Lansia Pindah dari Tempat Tidur ke Kursi Roda

Pada saat seseorang sudah memasuki katagori lansia, sebagian dari mereka akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Umumnya yang diderita oleh lansia adalah kesulitan dalam berjalan, sehingga tidak sedikit para lansia membutuhkan jasa perawat lansia untuk membantu dalam aktivitasnya sehari-hari. [...]

Diposkan: 09 Feb 2017 Dibaca: 1671 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2022. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang