WA 2 WA 1

Kesejahteraan Pembantu Rumah Tangga Perlu Diperhatikan

Diposkan: 01 Mar 2017 Dibaca: 1404 kali


 

Lentera Kasih – Pembantu rumah tangga adalah sumberdaya manusia yang cukup potensial. Tugas pembantu rumah tangga atau disingkat PRT sangat luas, seperti memasak, menghidangkan makanan, mencuci baju, menyetrika, mencuci piring, beres-beres rumah, sampai harus menjadi seorang dekorator rumah maupun dekorator taman, dan lain-lain. Sehingga membuat mereka tidak pantas disebut pembantu, tetapi lebih cocok menjadi pegawai rumah tangga. Ini karena semua tugas rumah tangga dilimpahkan kepada mereka, mungkin termasuk mengasuh dan mendidik anak majikannya.

 

Bagaimanakah profil para pembantu rumah tangga? Sebagian besar dari mereka adalah wanita dari berbagai usia yang berasal dari desa-desa kecil di Jawa dan dari kalangan menengah ke bawah, serta kebanyakan memiliki pendidikan hanya sampai Sekolah Dasar.

 

Mereka menekuni profesi sebagai pembantu rumah tangga berawal dari sponsor atau makelar pembantu yang merekrut mereka untuk disalurkan melalui yayasan penyalur pembantu rumah tangga, seperti yang sudah pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Proses Penerimaan Pekerja di Yayasan Lentera Kasih.

 

Kondisi bekerja sebagai pembantu rumah tangga di negara kita sangat buruk. Misalnya, tanpa kontrak, tanpa jam kerja yang jelas, tanpa adanya limitasi pekerjaan, gaji yang rata-rata kecil, hari libur yang tidak jelas, dan sebagainya.

 

Banyak yayasan pembantu maupun yayasan baby sitter yang menyalurkan mereka tetapi terkadang kurang memperhatikan tenaga kerjanya. Padahal berkembang dan majunya suatu yayasan karena jasa pembantu yang mereka salurkan. Oleh karena itu, kesejahteraan pembantu rumah tangga perlu diperhatikan.

 

Salah satu yayasan penyalur pembantu terpercaya yang sangat memperhatikan kesejahteraan tenaga kerjanya adalah yayasan Lentera Kasih. Dimana pekerja yang bernaung di dalamnya sangat diperhatikan, terutama tentang hak-hak tenaga kerjanya dan juga memberikan perlindungan kepada tenaga kerjanya. Bagaimanapun juga mereka adalah aset yang harus dilindungi dan diperhatikan tingkat kesejahteraannya.

 

Bersyukurlah bagi anda yang menggunakan jasa pembantu rumah tangga dan mampu menggajinya dengan layak, serta menghargai jerih payah mereka. Karena dengan jasanyalah anda dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan juga berhasil membesarkan anak-anak anda.

 

Demikian artikel tentang Kesejahteraan Pembantu Rumah Tangga Perlu Diperhatikan, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Cara Baby Sitter Mengasah Kreativitas Anak

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Adaptasi Pembantu Rumah Tangga Baru

Adaptasi Pembantu Rumah Tangga Baru

Aktivitas dalam mengurus rumah tangga sering dianggap remeh. Padahal, pada kenyataannya aktivitas ini tidak kalah berat dan sulit jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang merasa kerepotan dan membutuhkan bantuan pembantu rumah tangga. Hal ini dilakuk [...]

Diposkan: 05 Jan 2017 Dibaca: 1905 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2021. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang