WA 2 WA 1

Etika Dasar untuk Anak

Diposkan: 13 Apr 2023 Dibaca: 1067 kali


Sebagai orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang beretika, baik itu ke orang tua dan ke orang lain. Etika sangatlah penting dimiliki setiap orang dan hal itu bisa dipelajari dan diterapkan sedari kecil. Tidak ada salahnya sebagai orang tua mengajarkan etika dasar kepada anak dengan tujuan anak akan tumbuh menjadi orang yang berbudi baik terhadap sesama.
 
Lalu, etika dasar apa saja yang perlu diajarkan kepada anak? Lentera Kasih Insani akan membagikan beberapa etika dasar yang perlu diajarkan kepada anak. Apa sajakah itu?
 
1.  Meminta Maaf Setelah Melakukan Kesalahan
 
           Ya, meminta maaf setelah melakukan kesalahan adalah suatu keharusan. Berani meminta maaf bukanlah sebuah kehinaan, melainkan sebuah keberanian. Anak yang diajarkan meminta maaf setelah melakukan kesalahan diharapkan kelak tidak akan menganggap spele kesalahan yang telah dibuatnya.
 
2. Meminta Tolong Ketika Membutuhkan Pertolongan
 
            Meminta tolong ketika membutuhkan pertolongan pun termasuk dalam etika dasar yang perlu diajarkan kepada anak. Jadi, anak tidak akan seenaknya menyuruh orang lain ketika dia sedang membutuhkan pertolongan. Anak akan terbiasa untuk meminta tolong secara baik-baik.
 
3. Mengucapkan Terima Kasih
 
            Mengucapkan terima kasih setelah diberi sesuatu atau diberi pertolongan oleh orang lain adalah salah satu etika dasar yang perlu juga diajarkan kepada anak. Mengucapkan terima kasih pun salah satu cara menghargai orang yang telah menolong atau membantu. 
 
4. Memberikan Pertolongan 
 
            Mengajarkan anak memberikan pertolongan kepada orang yang sedang membutuhkan pertolongan pun termasuk etika dasar yang perlu diajarkan kepada anak. Seperti ketika ada temannya yang jatuh, anak diajarkan menolong seperti dengan mengulurkan tangan agar temannya bisa berdiri. 
 
Nah, beberapa etika dasar di atas bisa Ayah dan Bunda ajarkan kepada anak. Memang tidak mudah mengajarkan hal itu semua kepada anak. Butuh waktu agar anak mau mengerti dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ayah dan Bunda pun selain mengajari anak, juga perlu memberi contoh agar anak dapat mencontoh Ayah dan Bunda.
 
Bila Ayah dan Bunda mau menambahkan etika dasar untuk anak, boleh tulis di kolom komentar, yaa ....
 
Sekian artikel yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat :)

Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2024. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang