WA 2 WA 1

Tips Sebelum Mempekerjakan Pembantu Rumah Tangga

Diposkan: 06 Apr 2017 Dibaca: 2303 kali


 

Lentera Kasih – Sering kita mendengar kabar tentang pembantu rumah tangga yang baru dipekerjakan beberapa hari kabur dari rumah majikan, bisa saja hal ini juga terjadi pada anda. Tidak semua kesalahan harus dilimpakan kepada pembantu rumah tangga ataupun baby sitter, khususnya bagi mereka yang benar-benar berniat untuk kerja. Tentunya mereka melakukan itu karena ada alas an tertentu, sehingga membuat mereka tidak betah di rumah anda.

 

Berikut ini beberapa tips sebelum mempekerjakan pembantu rumah tangga agar mereka dapat bekerja dengan baik dan betah bekerja di rumah anda :

 

Lakukan Interview

Sebelum mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga pastikan anda melakukan interview terlebih dahulu. Kunjungilah yayasan penyalur pembantu rumah tangga terpercaya seperti LPPRT Lentera Kasih agar anda dapat mengenal pembantu dengan lebih dekat. Pada saat bersamaan, berikan dia gambaran menyeluruh tentang keadaan rumah anda dan tugas apa saja yang akan anda berikan kepadanya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi “gap” antara harapan pekerja dengan kenyataan yang didapatinya karena anda tidak memberikan kesempatan kepadanya untuk memilih diawal, sehingga dia memilihnya disaat sudah masuk ke rumah anda. Oleh karena itu, melakukan kunjungan ke yayasan penyalur pembantu atau agen penyalur pembantu sangat penting sebelum mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga

 

Memberikan Gaji Sesuai Kesepakatan

Pihak majikan harus memberikan gaji yang sudah dijanjikan pada saat melakukan interview di yayasan. Sekarang ini banyak majikan yang takut memberikan gaji yang tinggi, tetapi tidak memikirkan bagaimana nasib pembantu yang dipekerjakannya. Biasanya mereka bekerja untuk menyambung hidup keluarga mereka di kampung. Dengan memberi gaji yang tinggi, mereka akan semangat dalam bekerja untuk bisa membantu menghidupi keluarga mereka di kampung.

 

Memberi Mereka Makan

Terkadang yang membuat pembantu rumah tangga tidak betah di rumah majikan adalah kurangnya perhatian majikan dalam hal kebuthan panga mereka. Tidak jarang majikan memberi makan mereka dengan sistem jatah, ada pula yang memberikannya sisa-sisa makanan yang tidak dimakan lagi oleh majikannya. Oleh karena itu, sebagai majikan yang baik hendaklah memperhatikan dalam memberi kebutuhan pangan pembantu anda.

 

Fasilitas Sehari-hari

Kebutuhan mandi, seperti sabun, sampo, pasta gigi, pembalut dan kebutuhan mandi sehari-hari hendaklah tersedia di rumah. Jangan sampai pembantu anda membelinya dengan uang sendiri, karena jika dia harus memberi sendiri mereka akan merasa gaji yang diterima berkurang.

 

Memberi Pekerjaan Sesuai Batas Kemampuan

Seringkali seorang majikan melupakan batas kemampuan pembantu mereka dengan memberikan tugas kepadanya secara berlebihan. Untuk itu saya mengingatkan bahwa tugas pembantu adalah membantu pekerjaan yang tak terselesaikan di rumah, bukan mengerjakan semua pekerjaan rumah apalagi dengan porsi yang lebih. Perlakukanlah pembantu rumah tangga sebagaimana layaknya manusia, bukan sebagai budak dari pedesaan maupun agen penyalur.

 

Memberikan Waktu Istrahat yang Cukup

Terkadang seorang majikan akan merasa rugi menggaji pembantunya jika pembantu beristirahat walau hanya 10 menit, tanpa berfikir bahwa pembantu rumah tangga juga manusia yang membutuhkan waktu istirahat. Sebagai majikan bijaksanalah dalam memberi waktu istirahat kepada pembantu, berilahkan kepada mereka waktu libur untuk sekedar melepas lelah dari pekerjaan yang dijalaninya sehari-hari.

 

Demikian artikel tentang Tips Sebelum Mempekerjakan Pembantu Rumah Tangga, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Ujian Babysitter Bersama APPSI 2017

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Memberi Pembantu Sebuah Kamar yang Layak

Memberi Pembantu Sebuah Kamar yang Layak

Tidak sedikit seorang majikan yang tidak mempedulikan kamar untuk pembantu. Kamar untuk pembantu seperti dipaksaan ada, tanpa memperhatikan aspek-aspek kesehatan. Masalah yang sering muncul adalah kamar pembantu jarang yang memiliki jendela ataupun ventilasi yang berguna untuk sirkulasi udara dan ma [...]

Diposkan: 10 Feb 2017 Dibaca: 3524 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2024. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang