Cara Meredakan Amarah Anak

Diposkan: 11 Mar 2017 Dibaca: 949 kali


 

Lentera Kasih – Seringkali kita sebagai orang tua sangat dipusingkan dengan sikap anak yang sedang marah, karena meredakan amarah anak gampang-gampang susah. Diperlukan kesabaran yang ekstra dalam menghadapi amarah seorang anak.

 

Ketika seoarang majikan memilih menggunakan jasa baby sitter melalui yayasan atau agen baby sitter, besar harapan seorang majikan agar baby sitter yang dipekerjakannya mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi anaknya.

 

Bagi seorang baby sitter yang bertugas menjaga dan merawat anak, sudah pasti akan sering menghadapi amarah seorang anak. Berikut ini beberapa cara meredakan anak marah yang harus diketahui baby sitter maupun orang tua :

 

Bersikap Tenang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik ketika anak sedang marah, apalagi jika anak menangis dan berguling-guling di lantai. Dengan sikap yang tenang maka anda akan lebih mudah menenangkan anak yang sedang emosional, sehingga ini tidak akan memperburuk keadaan.

 

Berikan Waktu Pada Anak Untuk Marah

Biarkan anak meluapkan amarahnya selama tidak merusak benda-benda penting ataupun membahayakan keselamatan anak.  Biarkan energi yang ada pada anak tersalurkan hingga ia akan menjadi lebih tenang dengan sendirinya.

 

Jangan Melakukan Kekerasan

Hindari melakukan kekerasan kepada anak, jangan memukul anak (khususnya bagi orang tua) ketika anak sedang marah. Jika hal ini dilakukan, maka ingatan dari tindakan tersebut akan tersimpan dalam ingatan anak. Apabila anak sudah mulai tenang maka peluk dan gendong anak dan berikan penjelasan yang baik kepada anak.

 

Bersikap Sabar

Memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra tinggi dalam menghadapi anak yang sedang marah, karena adakalanya kemarahan anak akan terulang lagi. Oleh karena itu, janganlah putus asa dan tetap bersabar dalam menenangkan anak yang sedang marah.

 

Jangan Memberikan Janji Kepada Anak

Untuk menenangkan anak yang sedang marah sebaiknya tidak menjanjikan sesuatu kepada anak berupa hadiah atau imbalan. Jika hal ini dilakukan maka anak akan berfikir bahwa marah adalah cara mudah untuk mendapatkan sesuatu, sehingga ia akan mengulangi hal tersebut dikemudian hari.

 

Mencari Penyebab Anak Marah

Anak yang marah biasanya ada penyebabnya, dengan menemukan penyebabnya maka akan dengan mudah mencari solusi agar anak tidak melakukakan kemarahan.

 

Menggendong dan Memeluk Anak

Alihkanlah perhatian anak dengan cara menggendong dan memeluknya. Cobalah mencari hal-hal yang menarik agar perhatian anak teralihkan, sehingga bisa mengurangi luapan emosi pada anak.

 

Meredakan kemarahan pada anak memerlukan cara dan tips yang kreatif dari para orang tua maupun baby sitter. Terutama bagi baby sitter yang dipekerjakan melalui yayasan baby sitter terpercaya, seperti LPPRT Lentera Kasih. Tentunya baby sitter tersebut sudah dibekali beberapa keterampilan oleh yayasan penyalur tersebut, sehingga ketika anak sedang marah akan lebih mudah dalam menenangkannya.

 

Demikian artikel tentang Cara Meredakan Amarah Anak, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Perkembangan Mental dan Fisik Pekerja

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Pola Asuh Baby Sitter yang Membuat Anak Selalu Ceria

Pola Asuh Baby Sitter yang Membuat Anak Selalu Ceria

Memang terkadang sulit bagi baby sitter menebak emosi anak berusia balita. Terkadang baby sitter tidak tahu bagaimana cara membuat anak selalu ceria dan tidak rewel. Edwar Hallowell, seorang penulis buku The Childhood Roots of Adult Happines mengatakan bahwa “Anak yang ceria bukan disebabkan oleh [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 528 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2017. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang