Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Diposkan: 09 Mar 2017 Dibaca: 1066 kali


 

Lentera Kasih – Bayi yang terkena pilek kemudian hidungnya tersubat akan membuat orang tua panik dan khawatir, karena bayi akan sulit untuk bernafas dan akan mengalami kesulitan ketika menyedot ASI. Ketika seorang ibu mempercayakan pengasuhan dan perawatan anaknya kepada baby sitter, tentunya ini menjadi tanggung jawab seorang baby sitter.

 

Baby sitter yang handal tentunya akan dapat mengatasi permasalahan tersebut, karena mereka pada umumnya mereka sudah dibekali berbagai macam pelatihan dan pendidikan oleh yayasan tempat mereka bernaung seputar masalah yang terjadi pada anak.

 

Yayasan baby sitter yang baik tidak akan mempekarjakan baby sitter yang belum dibekali pelatihan tentang seputar dunia anak. Misalnya saja yayasan penyalur baby sitter terpercaya seperti LPPRT Lentera Kasih, dimana baby sitter yang bernaung di dalamnya merupakan baby sitter terbaik dan handal dalam mengatasi masalah yang terjadi pada anak. Sehingga banyak pengguna jasa baby sitter lebih memilih mempekerjakan seorang baby sitter dari yayasan penyalur Lentera Kasih.

 

Bagi yang belum mengetahui bagaimana mengatasi permasalahan hidung tersumbat pada bayi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi :

 

Alat Penghisap Lendir

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang pertama yaitu dengan menggunakan alat penghisap lender khusus untuk bayi yang bisa dibeli di apotek. Alat ini dapat digunakan jika lender yang keluar berlebihan.

 

Memberi ASI yang Cukup

Berikan bayi ASI yang cukup, karena cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan pilek yang diderita bayi yang menyebabkan hidung bayi tersumbat.

 

Tinggikan Bagian Kepala Bayi

Saat bayi tertidur sebaiknya tinggikan tempat tidur pada bagian kepala bayi agar bayi dapat bernafas dengan nyaman walaupun hidungnya tersumbat.

 

Berikan Bayi Larutan Saline

Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi bisa menggunakan larutan saline yang dapat dibeli di apotek. Teteskan dua sampai tiga tetes ke lubang hidung kiri dan kanan bayi secara bergantian, setelah itu tengkurapkan bayi perlahan. Cara tersebut cukup efektif dan aman untuk bayi.

 

Hindari AC dengan Suhu yang Terlalu Rendah

Hindarilah penggunaan AC dengan suhu yang sangat rendah, karena hal itu akan memperburuk kondisi bayi pada saat bernafas.

 

Miringkan Posisi Bayi

Jika lubang hidung bayi bagian kanan tersumbat, tidurkan bayi dengan posisi miring ke kiri, begitupun sebaliknya.

 

Berikan Balsem Khusus Bayi

Oleskan balsam khusus bayi pada bagian dada dan punggung bayi dengan pijatan yang pelan dan nyaman. Balsam ini dapat menghangatkan tubuh bayi, sehingga sumbatan pada hidung bisa berkurang.

 

Jemur Bayi Pada Pagi Hari

Jemurlah bayi pada pagi hari dengan panas sinar matahari yang cukup, karena sinar matahari saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh bayi. Dengan menjemur bayi, tubuh bayi akan menjadi hangat. Sehingga dapat melegakakn sumbatan pada hidungnya dan membuat nafas bayi menjadi lancar.

 

Beri Pijatan Ringan Pada Bayi

Lakukan pijatan ringan pada hidung atau alis bayi dengan minyak telon. Cara ini dapat membuat bayi lebih merasa nyaman dan nafasnya menjadi lebih lega.

 

Beri Bayi Air Panas dan Minyak Telon

Gunakan air panas yang ditetesi dengan minyak telon dan gunakan sebagai alat terapi untuk bayi agar pernafasannya menjadi lebih lega. Hal ini dikarenakan minyak telon akan menguap bersama uap air panas, sehingga memberikan aroma yang menghangatkan didalam ruangan.

 

Jika hidung bayi tersumbat tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau rumah sakit agar ditangani dengan penanganan yang lebih baik dan memadai.

 

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca juga artikel tentang Memperkenalkan Susu Formula Pada Bayi

 

Mau copy artikel diatas?

Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com


Tags

Artikel Terkait

Membuat Makanan yang Unik dan Menarik untuk Anak

Membuat Makanan yang Unik dan Menarik untuk Anak

Masalah yang sering dihadapi seorang baby sitter adalah anak tidak mau makan, tentunya hal ini akan sangat merepotkan. Oleh karena itu, baby sitter harus memiliki cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghias dan juga mengatur isian makanan u [...]

Diposkan: 21 Feb 2017 Dibaca: 307 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2017. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang