5 Alasan Kenapa Pembantu Tidak Betah di Rumah

Diposkan: 21 Dec 2016 Dibaca: 1010 kali


Lentera Kasih - Pembantu atau asisten rumah tangga adalah ujung tombak ketika Anda tidak ada di rumah atau sibuk dengan pekerjaanya. Mencari pembantu rumah tangga terkadang gampang-gampang susah.
 
Ada beberapa orang yang langsung cocok setelah mendapat pembantu rumah tangga yang bagus, tetapi ada juga yang sangat susah sehingga berkali-kali mengganti pembantu rumah tangga.
 
Banyak faktor yang menjadi alasan kenapa Anda tidak segera mendapatkan pembantu rumah tangga yang cocok. Mulai dari faktor eksternal dan internal.
 
Faktor eksternal akan datang dari lingkungan, biasanya karena pembantu tidak cocok dengan lingkungan keluarga Anda. Sedangkan faktor internal akan datang dari ketidak cocokan Anda sendiri terhadap pembantu rumah tangga.
 
Kedua resiko dari faktor eksternal dan internal sebenarnya bisa Anda perkecil dengan cara mengetahui beberapa alasan kenapa biasanya pembantu tidak betah di rumah. Kami akan membahas 5 alasan kenapa pembantu tidak betah di rumah.
 
1. Pembantu tidak dianggap keluarga
Para pembantu yang tidak betah di rumah biasanya karena mereka tidak dianggap sebagai keluarga, atau bahkan malah dianggap tidak ada. Ketika ada seorang yang berada di rumah Anda 24 jam penuh, sudah sewajarnya Anda harus menganggapnya seperti keluarga sendiri.
 
Anda bisa memulainya dengan menghargai mereka, berbicalah yang sopan kepada pembantu Anda. Biasakan setiap anggota keluarga Anda bersikap baik terhadap pembantu Anda dengan selalu mengucap kata "tolong". Dengan merasa dihargai pembantu akan merasa betah dengan keluarga Anda.
 
2. Pembantu tidak diberikan fasilitas yang cukup.
Ada beberapa jenis pembantu, mulai dari ada yang menginap sampai yang datang pagi dan pulang sore hari. Untuk pembantu yang  menginap Anda harus memberikan fasilitas yang cukup.
 
Mulai dari memberi makan 2-3 kali sehari hingga memberinya kamar yang layak. Walaupun biasanya kamar pembantu kecil, tetapi jika dilengkapi dengan kipas angin, kasur yang nyaman, dan lemari baju akan membuat pembantu betah.
 
Jadi, apabila Anda tidak mempunyai kamar yang cukup, jangan memaksakan mempekerjakan pembantu 24 jam.
 
3. Pembantu tidak mendapatkan waktu libur.
Walaupun terkadang jika pembantu libur membuat pekerjaan rumah tangga menjadi berantakan, tetap saja bagi mereka libur merupakan sebuah kebutuhan. Mereka juga sama seperti kita yang membutuhkan waktu istirahat yang cukup.
 
Beberapa pembantu mungkin akan kesal jika tidak mendapatkan hari libur, khususnya pada saat hari raya idhul fitri dan idhul adha. Jadi biasakan untuk berkomunikasi mengenai waktu libur yang akan diberikan kepada pembantu, atau bahkan mengajak pembantu Anda untuk liburan bersama.
 
4. Pembantu merawsa tidak mendapat waktu luang.
Pembantu juga manusia, mereka juga perlu mendapatkan waktu luang. Pembantu juga butuh berkomunikasi atau bersosialisasi dengan warga sekitar, teman-teman dekatnya, atau bahkan dengan pacarnya.
 
Jika pembantu mempunyai keluarga, biarkan mereka berkomunikasi dengan keluarganya dimalam hari. Waktu luang yang Anda berikan ini akan membuat pemantu merasa nyaman dan betah di rumah.
 
5. Pembantu tidak merasa mendapat gaji yang pantas.
Terakhir, masalah pembantu tidak betah di rumah adalah masalah gaji pembantu rumah tangga 2017. Banyak pembantu yang  tidak mendapatkan gaji yang pantas, sehingga mereka lebih memilih pulang ke kampung halaman atau pindah. 
 
Berilah mereka gaji yang pantas sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Dengan merasa mendapat gaji yang pantas, mereka akan dengan senang melakukan pekerjaanya dan secara otomatis merekapun akan betah bekerja di rumah Anda.
 
Itulah 5 alasan kenapa pembantu tidak betah di rumah. Dengan alasan dan solusi untuk mengatasinya tersebut, diharapkan majikan pembantu rumah tangga ketika Anda mendapatkan pembantu baru, dia bisa langsung beradaptasi dengan kondisi eksternal maupun internal.
 
Demikian artikel tentang 5 Alasan Kenapa Pembantu Tidak Betah di Rumah, semoga bermanfaat!
 
Mau Copy artikel diatas?
 
Silahkan, tapi jangan lupa jika anda penulis yang baik marilah kita budayakan menyertakan sumber link www.lenterakasih.com
 

Tags

Artikel Terkait

Tips Menjadi Baby Sitter Sukses di dalam Negeri

Tips Menjadi Baby Sitter Sukses di dalam Negeri

Bagaimana cara menjadi baby sitter yang sukses tanpa harus ke luar negeri? Banyak baby sitter yang akhirnya memutuskan untuk pergi keluar negeri meninggalkan kampung halamannya, suami, dan anak-anak tercinta. Hal ini disebabkan karena banyaknya tawaran bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji [...]

Diposkan: 14 Dec 2016 Dibaca: 1343 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
www.lenterakasih.com © 2017. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang